13 Februari 2009

MENGENAL ALLÂH ‘AZZA WA JALLA

Apabila kita ditanya : Siapakah Tuhanmu ? Maka katakanlah : Tuhanku adalah Allâh, yang telah memelihara diriku dan semesta alam ini dengan segala ni’mat yang dikaruniakan-Nya. Dan Dia-lah sesembahanku, tiada bagiku sesembahan yang haq selain-Nya.
Allâh Subhânahû wa Ta’âla berfirman yang artinya:

Segala puji bagi Allâh, Tuhan Pemelihara semesta alam,”
(Surah Al-Fâtihah (1) : 1)

Semua yang ada selain Allâh disebut Alam, dan aku adalah salah satu dari semesta alam ini.
Selanjutnya, jika anda ditanya : Melalui apa anda mengenal Tuhan ? Maka hendaklah anda jawab : Melalui tanda-tanda kekuasaan-Nya dan melalui ciptaan-Nya. Di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah : malam, siang, matahari, bulan dan lain-lain. Sedang di antara ciptaan-Nya ialah : tujuh langit dan tujuh bumi beserta segala makhluk yang ada di langit dan di bumi serta yang ada di antara keduanya.

Firman Allâh Ta’âla yang artinya:

“Dan sebagian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan janganlah (pula) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allâh Yang menciptakannya, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.”
(Surah Fush-shilat (41) : 37)

Dan firman-Nya, yang artinya :

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allâh yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas `Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allâh. Maha Suci Allâh, Tuhan semesta alam.”
(Surah Al-A’râf (7) : 54)

Tuhan inilah yang berhaq disembah. Dalilnya, firman Allâh Ta’âla yang artinya:

“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa. Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allâh, padahal kamu mengetahui.”
(Surah Al-Baqarah (2) : 21-22)

Ibnu Katsir (Abu Al-Fidâ’ : Isma’il bin ‘Umar bin Katsir Al-Qurasyi Ad-Dimasyqi (701 – 0774 H = 1302 – 1373 M). Seorang ahli ilmu hadits, tafsir, fiqh dan sejarah. Di antara karyanya : Tafsir Al-Qur-‘ân Al-Azhîm, Thabaqât Al-Fuqahâ’ Asy-Syaffi’iyyin, Al-Bidâyah Wa An-Nihâyah (sejarah), Ikhtishâr ‘Ulûm Al-Hadîts Syarh Shahîh Al-Bukhârî (belum sempat dirampungkannya)), Rahimahullâh Ta’âla, mengatakan : “Hanya Pencipta segala sesuatu yang ada inilah yang berhak disembah dengan segala macam ‘ibadah (Lihat Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur’ân Al-‘Azhîm (Cairo : Maktabah Dar AT-Turats, 1400 H), jilid 1, hal. 57)”

Dan macam-macam ‘ibadah yang diperintahkan Allâh itu, antara lain : Islam (Islam yang dimaksud di sini, adalah : Syahadat, Shalat, Puasa, Zakat dan Haji), iman, ihsan, doa, khauf (takut), raja’ (pengharapan), tawakkal, raghbah (penuh minat), rahbah (cemas), khusyu’ (tunduk), khasyyah (takut), inabah (kembali kepada Allâh), isti’anah (memohon pertolongan), isti’adzah (meminta perlindungan), istighatsah (meminta pertolongan untuk dimenangkan atau diselamatkan), dzabh (penyembelihan), nadzar dan macam-macam ‘ibadah lainnya yang diperintahkan oleh Allâh.

Allâh Subhânahû wa Ta’âla berfirman dalam Al Qur'an yang artinya :

“Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allâh. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allâh.”
(Surat Al-Jinn (72) : 18)

Karena itu, barangsiapa yang menyelewengkan ‘ibadah tersebut untuk selain Allâh, maka dia adalah musyrik dan kafir. Firman Allâh Ta’âla yang artinya:

“Dan barangsiapa menyembah tuhan yang lain di samping Allâh, padahal tidak ada suatu dalilpun baginya tentang itu, maka sesungguhnya perhitungannya di sisi Tuhannya. Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu tiada beruntung.”
(Surat Al-Mu’minûn (23) : 117)


Ushulu Tsalatsa

1 komentar:

  1. 3 pondasi/pokok yg wajib diketahui umat muslim...
    Jazakalloh khoir atas info-ne, mugo2 dibls Gusti Alloh SWT.
    by: Khayangan Boy

    BalasHapus