23 Februari 2020

QS Al-Baqoroh ayat 45

QS Al-Baqoroh ayat 45:


 Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'


Makna menjadikan sholat sebagai penolong adalah sesungguhnya didalam sholat terdapat bacaan ayat-ayat Al-Qur'an yang menyeru manusia agar menjahuhi kenikmatan dunia yang fana dan mencintai akhirat yang kekal abadi selama-lamanya. Dengan mengingat makna ini, maka sholat menjadi pemicu bagi pelakunya untuk senantiasa taat kepada Allah SWT dan bersungguh-sungguh.
sebagaimana riwayat dari Hudzaifah, dia berkata : Rosulullah SAW jika menghadapi suatu perkara maka beliau segera melakukan sholat.
Demikian juga diceritakan dalam sebuah riwayat bahwa suatu ketika Rosulullah SAW melihat Abu Hurairoh RA telungkup diatas perutnya, maka beliau bertanya: "Adakah engkau sakit perut?", ia menjawab : Benar wahai Rosulullah, Maka beliau bersabda :
"Bangun dan sholatlah, sesungguhnya dalam sholat itu terdapat kesembuhan". [HR Ibnu Majah]

Makna "demikian itu sungguh berat"
maknanya adalah sesungguhnya ia [sabar dan sholat] sangat besar dan berat.

Makna "kecuali bagi orang-orang yang khusyu'
artinya, orang-orang yang tunduk dan patuh dengan perintah-Nya, takut dengan siksa-Nya, dan yakin dengan janji dan ancaman-Nya. dan membenarkan apa yang diturunkan Allah [Al-Qur'an]

sumber : Cahaya Qur'an

Tidak ada komentar:

Posting Komentar