25 Januari 2009

Keutamaan Bershalawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Di antara keutamaan bershalawat kepada Nabi Muhammad saw, adalah : satu kali bershalawat bernilai puluhan kali shalawat. Hal ini sesuai sabda Nabi Muhammad saw, dalam haditsnya yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah bersabda: “barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah swt akan bershalawat kepadanya sepuluh kali”. Hadits riwayat Imam Muslimdengan nomor 408.

Dalam hadits lain yang diriwayatkan dari Anas bin Malik ra, beliau bersabda, “Barang siapa yang namaku disebutkan kepadanya, maka hendaklah yang namaku disebut kepadanya, hendaklah dia mengucapkan shalawat, karena barang siapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allahswt akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.

Juga didalam hadts yang diriwayatkan dari amir bin Rabi’uah ra, ia berkata:saya telah mendengar Rasulullah saw, bersabda: Siapa saja dari hamba Allah swt yang bershalawat kepadaku, maka para malaikat akan senantiasa bershalawat kepadanya, maka terserah bagi seorang hamba, antara mengucapkan sedikit atau banyak akan shalawat.

Begitu pula dengan hadits yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang bershalawat kepada Rasulullah satu kali maka Allah swt dan juga para malaikatnya akan baershalawat tujuh puluh kali kepadanya, maka terserah bagi seorang hamba antara memperbanyak atau mensedikitkan shalawat”.

Semua ini adalah keutamaan pertama yang akan diperoleh orang yang selalu membaca shalawat kepada Nabi saw.
(Menyelami Lautan Shalawat, Ibnu Qayyim al Jauziyah)

1 komentar:

  1. Shalawat Nabi memang memiliki banyak keutamaan. Bersholawat secara kontinu akan mendatangkan kebahagiaan pada diri kita.

    BalasHapus