18 Februari 2016

Mukhannats

[06:30, 2/18/2016] Iva Rosa Nasution, taklim:
 assalamu'alaykum warahmatullah Aba, Iva mau nanya. punten Ba, bisa jelaskan ulang soal muannats (benar ndak ya nulisnya begini?) ndak Ba? laki2 yang pernah di masa Rasulullah saw berlaku mirip perempuan dan itu bawaan lahir, dan dia diizinkan masuk ke rumah Rasulullah saw?

tadi Iva nonton di youtube, rekaman ILC yang membahas LGBT. kemudian mantan imam besar Masjid Istiqlal mengatakan, yang ada hanya laki2, perempuan dan yang kelaminnya ganda (hermaprodite). dan ndak disebutkan mengenai muannats itu Ba.

jazakallah khair penjelasannya ya Ba.

[06:43, 2/18/2016] Bang Deby Nasution:
Wa'alaikum salam wrwb. Oh iya Iva, aku lupa. Yg benar "Mukhannats", itu artinya: "manusia yg fisiknya laki2 tapi jiwanya perempuan"; seperti cara bicaranya, bahasa tubuhnya, rasa tertariknya dsb, itu semua mirip dgn perempuan. Ringkasnya mukhannats itu ialah jiwa seorg perempuan yg ada di tubuh laki2. Menurut Imam Bukhari dan para 'ulama Salaf, mukhannats tdk boleh menjadi imam shalat jama'ah. Ini artinya mukhannats dipandang sama kedudukannya dgn kaum wanita.
Ibnu Hajar mengatakan, mukhannats itu ada yg asli yaitu bawaan sejak lahir, dan ada yg palsu alias di-buat2, mungkin karena faktor pergaulan atau karena kebutuhan materi, seperti pelawak atau artis laki2 yg memerankan tokoh wanita. Nah, yg dilaknat oleh Nabi saw adalah mukhannats jenis kedua. Utk lebih lanjut kita bahas dalam ta'lim aja, karena terlalu panjang pembahasannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar