17 Juni 2009

SALMAN AL FARISI, pencetus ide pembuatan parit

Dia datang dari Persi, dan dari Persi pula Agama Islam nanti dianut oleh orang-orang Mu’min yang tidak sedikit jumlahnya, dari kalangan mereka muncul pribadi-pribadi istimewa yang tiada taranya, baik dalam bidang keilmuan dan keagamaan, maupun dalam ilmu pengetahuan dan keduniaan.

Peristiwa perang Khandaq, terjadi pada tahun ke 5 hijrah. Pasukan tentara kafir tidak saja terdiri dari orang-orang Quraisy, tetapi juga dari berbagai kabilah atau suku yang menganggap Islam sebagai lawan yang membahayakan mereka.

Kaum muslimin sadar keadaan mereka, ketika itulah tampil seorang tinggi jangkung dan berambut lebat, seorang yang disayangi dan amat dihormati oleh Rasulullah saw. Itulah dia Salman Al Farisi! Di Persi, Salman telah mempunyai pengalaman luas tentang taktik berperang. Maka dia mengusulkan kepada Rasulullah saw, untuk membuat khandaq atau parit disekeliling kota, untuk melindungi daerah terbuka.

Ketika pasukan Quraisy melihat adanya parit, mereka sangat terkejut dan tidak bisa berbuat banyak hingga mereka harus berkemah selam sebulan karena tidak berdaya menerobos ke dalam kota. Dan sampai suatu malam Allah Ta’ala mengirim angin topan yang menerbangkan kemah-kemah dan memporak-porandakan tentara mereka. Abu Sufyan pun menyerukan kepada pasukan untuk pulang ke kampong mereka, dalam keadaan kecewa dan putus asa serta menderita kekalahan yang sangat pahit.

Referensi: Karakteristik perihidup sahabat Rasulullah, Khalid Muh Khalid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar